Kamis, 11 Juni 2009

Menentukan Faktor Persekutuan Terbesar

Pengertian Faktor Persekutuan Terbesar (FPB)

FPB dari dua bilangan A dan B adalah anggota terbesar dari himpunan sekutu A dan B, bila A dan B adalah himpunan faktor-faktor dari bilangan A dan B. Dengan kata lain FPB dari dua bilangan atau lebih adalah hasilkali faktor sekutu yang mempunyai pangkat terkecil dari faktor-faktor prima dua atau lebih bilangan tersebut.

Faktor-faktor dari sebuah bilangan asli adalah bilangan-bilangan asli yang habis membagi bilangan asli tersebut. Yang dimaksud dengan habis membagi adalah hasil baginya merupakan bilangan asli dengan sisa nol.

Misalkan kita akan menentukan faktor-faktor dari 12, maka faktor-faktor dari 12 adalah 1, 2, 3, 4, 6, dan 12. Bilangan 3 adalah faktor dari 12 sebab 12 dibagi 3 adalah 4, dengan sisa 0. Bilangan 4 adalah faktor dari 12 sebaga 12 dibagi 4 adalah 3, dengan sisa 0. Tetapi 5 bukan faktor dari 12 karena 12 dibagi 5 adalah 2 dengan sisa 2. Karena 12 tidak habis dibagi 5 maka 5 bukan faktor dari 12.

Cara Menentukan FPB
Untuk menentukan FPB dari dua bilangan atau lebih dapat ditemph dengan tiga cara yaitu dengan himpunan faktor persekutuan, dengan pemfaktoran prima, dan dengan cara Euclides.

ok nanti dilanjutkan lagi......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar