Rabu, 11 Maret 2009

Kesulitan Siswa dalam Belajar Nilai Tempat

Pembelajaran nilai tempat sangat dipenting dipahami oleh siswa terutama untuk menuliskan lambang bilangan yang lebih besar dari 9 yaitu untuk penamaan, pembandingan, pembulatan bilangan, memahami algoritma penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan persentase. Dalam pembelajaran nilai tempat kesulitan yang sering dialami siswa yaitu (1) kesulitan mengasosiasikan model nilai tempat dengan lambang bilangan, (2) kesulitan menggunakan nol bila menulis lambang bilangan, (3) kesulitan menggunakan konsep regrouping untuk merepresentasikan lambang bilangan, (4) kesulitan menamakan posisi nilai tempat dalam suatu lambang bilangan, (5) kesulitan memberikan representasi nilai tempat tidak baku untuk suatu lambang bilangan. Oleh karena itu penanaman konsep nilai tempat bilangan cacah di kelas rendah sekolah dasar hendaknya menggunakan alat peraga manipulatif yang sesuai dengan tingkat berpikir anak, yaitu tingkat berpikir konkret, semikonkret, semiabstrak, dan abstrak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar